Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja & Harga Alat Mesin Tanam Padi / Rice Transplanter Manual

Konten [Tampil]
Mesin Tanam Padi Manual - Saat ini hal yang sama sudah mulai dirasakan oleh petani kita, tenaga-tenaga petani muda sudah mulai beralih profesi mencari pekerjaan lain sehingga tenaga kerja dibidang pertanian mulai menurun.

Alat tanam padi manual

pembahasan ini memuat tentang pengenalan peralatan, cara mengoperasikan mesin tanam padi manual atau biasa di sebut rice transplanter, cara menyemai benih padi dan mengoperasikan alat tanam padi ini di lapangan, sehingga kita bisa tahu cara memakai alat tersebut dengan baik dan benar.

MESIN TANAM PADI MANUAL ( Rice Transplanter )

Alat tanam padi Manual atau yang disebut dengan Rice transplanter adalah mesin penanam padi modern dengan sistem penanaman yang serempak tanpa menggunakan bbm.

Mesin tanam padi manual

Alat Penanam Padi ini juga merupakan suatu alat tanam padi yang masih baru bagi kita dalam penggunaannya, tetapi sudah banyak sekali yang membuat dan menjualnya seperti di ponorogo atau jogja. Tidak seperti di negara-negara maju seperti thailand atau myanmar alat ini sudah tidak asing lagi bagi mereka karena jumlah tenaga kerja sudah kian terbatas.

untuk mengimbangi hal tersebut dibuatlah alat tanam tersebut agar kegiatan pertanian dapat berjalan dengan baik dan lancar. Alat transplanter manual ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi keterbatasan jumlah tenaga kerja untuk melakukan penanaman benih padi di lahan sawah yg masih tradisional.

Dengan hadirnya mesin teknologi ini diharapkan dapat mempercepat laju peningkatan produksi padi untuk mengimbangi pertambahan jumlah penduduk yang kian meningkat, sehingga kebutuhan akan pangan dapat terpenuhi bagi masyarakat kita.

SYSTEM PENANAMAN PADI

Penanaman adalah meletakkan suatu benih atau bibit tanaman pada area tertentu yang telah dipersiapkan terlebih dengan bantuan manusia yang dapat dilakukan secara tradisional maupun modern.
  • Penanaman secara tradisional dilakukan dengan menyemai benih terlebih dahulu kemudian ditanam secara manual oleh manusia dengan menggunakan tangan.
  • Menanam secara modern persemaian tetap dilakukan terlebih dahulu dengan perlakuan khusus sesuai dengan beberapa persyaratan yang dapat ditanam dengan menggunakan alat tanam (transplanter).
alat tanam padi tradisional

Pembagian mesin tanam padi menurut cara pengoperasiannya yaitu :
  • Transplanter tipe manual (type berjalan)
  • Transplanter type otomatis.

untuk saat ini kita akan membahas Transplanter yang kita produksi yaitu Mesin Tanam Padi Manual Atau biasa disebut Transplanter tipe Manual (type berjalan)

CARA KERJA ALAT TANAM PADI MANUAL (walking type)

Mesin penanam padi manual selain sangat gampang cara pemakaiannya, hasil penanamannya juga lebih rapi dan terukur. Dengan sekali jalan alat tanam padi manual tanpa bbm ini, otomatis mampu menanam bibit padi yang sebelumnya ditaruh di atasnya dengan membuat dua baris tanaman padi.

cara kerja alat tanam padi manual

Pada tipe ini operator ikut berjalan secara perlahan tepat dibelakang mesin penanam padi sambil mengarahkan kerapihan dalam penanaman di suatu area persawahan.

Persedian benih padi diletakkan pada rak yang telah tersedia pada alat tanam tersebut sehingga bila kekurangan pada tray penanam dapat langsung diisikan. Penanaman dapat dilakukan dengan satu orang namun dalam pelaksanaannya dapat dibantu oleh satu orang lagi agar mempercepat proses pengisian benih.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN MESIN ALAT TANAM PADI MANUAL

Selain sistem tanam yang serempak, biaya penanaman bibit padi yang lebih murah serta proses penanaman yang lebih cepat adalah beberapa kelebihan dan keuntungan bagi para petani yang menggarap lahan pertaniannya dengan menggunakan alat mesin tanam padi manual otomatis.

alat tanam padi tanpa bbm

Sistem penanaman padi yang ada di Indonesia kebanyakan dilakukan dengan cara tradisional, yaitu masih diterapkannya sistem tanam pindah atau tegel yang dapat mengakibatkan tertundanya waktu tanam serempak karena mengandalkan tenaga kerja manusia dalam proses penanaman.

Sedangkan tenaga kerja manusia ini selain kurang produktif dan efesien (apalagi jika cakupan lahan yang akan digarap cukup luas), juga semakin sulit didapat dikarenakan semakin menurunnya minat generasi muda dalam hal pekerjaan pada sektor pertanian.

Jika waktu tanam yang seharusnya dikerjakan secara serempak ini mengalami keterlambatan, maka dikhawatirkan tanaman padi yang terlambat ditanam akan mengalami kekurangan air, diserang hama atau penyakit. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan resiko gagal panen.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas, maka para petani memerlukan dukungan dalam menunjang aktifitas penanaman bibit padi yang cepat, serempak dan murah. Maka para petani membutuhlan apa yang dinamakan dengan mesin tanam padi manual otomatis atau Rice transplanter tanpa menggunakan bbm seperti di jogja dan ponorogo yang lebih dulu menggunakannya.

HARGA ALAT TANAM PADI MANUAL MURAH

Sekarang mesin penanam padi otomatis sudah banyak dibuat oleh pabrikan lokal yang ada di Indonesia seperti ponorogo dan jogja. Selain mesin penanam padi otomatis juga ada mesin pemanen padi otomatis atau combine harvester untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja.
harga alat tanam padi manual murah
Untuk memasarkan mesin tersebut kita harus mempunyai trik khusus ya,  baik memasarkan secara offline maupun online kita harus bisa menguasai berbagai cara agar mesin tersebut laku di pasaran, seperti sudah banyak bertebaran penjual online di ahopee, Bukalapak, Akulaku, Tokopedia, Maksindo dan Alibaba yang menjual alat ini dengan beragam harga sesaui tipe Saam tpm01 contohnya.
  • Desaign mesin lebih sederhana tetapi mempunyai fungsi tetap sama
  • Harga relatif lebih murah hanya : Rp 5.750.000,00
  • Sudah TES UJI COBA, jadi jangan khawatir dengan produk kita

Demikianlah sedikit informasi mengenai Mesin Tanam Padi Manual. Semoga dengan adanya mesin penanam padi otomatis atau Rice transplanter ini.dapat membantu petani kita dalam meningkatkan hasil pertanian, meminimalisir terjadinya gagal panen serta mendukung program swasembada beras yang berkelanjutan.

Note:
Mesin penanam padi otomatis atau yang disebut dengan Rice transplanter adalah mesin penanam bibit padi modern dengan sistem penanaman yang serempak. Selain sistem tanam yang serempak, biaya penanaman bibit padi yang lebih murah serta proses penanaman yang lebih cepat adalah beberapa kelebihan dan keuntungan bagi para petani yang menggarap lahan pertaniannya dengan menggunakan mesin penanam padi ini. mesin ini juga Cocok untuk menerapkan pananaman bibit padi dengan metode tanam muda atau tanam padi dengan metode SRI.
Buka Komentar
DMCA.com for Blogger blogs